Asinan Gedung Dalam Bogor

10/11/2015 12:23:00 PM
Asinan Gedung Dalam Bogor - Kalau ke Bogor tanpa membeli Asinan Bogor Gedung Dalam, serasa seperti masakan tanpa garam. salah satu keturunan kedua pemilik Asinan Sedap Gedung Dalam, Bogor. Untuk mendapatkan asinan bogor ini, biasanya penyuka makanan asem manis ini akan langsung ke lokasinya, yaitu daerah Sukasari.


Asinan khas kota bogor ini dijual dalam 2 macam yaitu asinan buah dan asinan sayur. Asinan buah terdiri dari potongan buah-buahan yang direndam dengan air gula. Buah-buahan yang digunakan adalah pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, dan salak. "Semua buahnya lokal, nggak ada yang impor. Jadi segar. Nih coba deh," kata Monik.salah satu keturunan kedua pemilik Asinan Sedap Gedung Dalam, Bogor. "Tanggal 10 November tahun 2015 ini, kami genap 37 tahun," Tambahnya. Monik bercerita bahwa awalnya asinan ini jual secara berkeliling. Asinan Sedap Gedung Dalam sudah menjadi ikon oleh-oleh kota hujan. Tak salah memang, rasanya segar dan renyah. Aromanya juga tak menyengat. "Gulanya gula pasir biasa. Bukan gula biang. Yang penting tanpa pengawet. Kalau bahannya jelek hasilnya nggak akan segar," ujarnya.


Untuk Asinan sayur terdiri dari campuran sayur segar tanpa direndam dengan air apapun seperti kol, timun, wortel, dan toge. Sayuran hanya dicuci bersih. Saat akan disantap, baru sayuran dicampur dengan kuah asinan. “Kuahnya campuran cabe merah bukan pewarna," kata Monik. Tak heran rasa dasar asinan ini memang pedas asam. Wah, benar-benar segar rasanya. Dijamin bisa bikin mata melek. Sayuran yang segar dimakan dengan kuah pedas.


Walau sekarang Bogor memiliki banyak alterlatif oleh-oleh seperti berbagai roti unyil, kue bolu talas dan makanan, namun Monik mengaku tetap percaya pada kualitas rasa asinan racikannya. “Rasa tidak akan bohong. Pembeli pasti akan mencari yang paling enak dan asli. Kalau asinan ya kesini," ucap Monik.

Monik mengatakan, "Sekarang nyari buah susah. Dulu sih gampang. Tanah di kampung-kampung sudah banyak yang jadi perumahan sih. Makanya, harusnya pemerintah me nggalakkan lagi menanam buah lokal”.  Jadi kalau ingin yang klasik dari Bogor, jangan lupa mampir ke Sukasari. Seperti kembali ke era 2 dekade silam, menikmati Asinan Sedap Gedung Dalam. (Berita Bogor)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »