Jalan-Jalan Menyusuri Pecinan di Bogor

10/16/2015 06:40:00 PM
Jalan-Jalan Menyusuri Pecinan di Bogor - Dalam beberapa tahun terakhir ini, Bogornow suka sekali menyusuri kawasan Pecinan di Bogor, khususnya di Jalan Suryakencana. Pertama pastinya karena kulinernya. Pecinan Bogor, sudah pasti dan tak diragukan merupakan satu pusat kuliner di berbagai kota. Kedua, identik dengan bangunan tua.


Seperti kawasan Pecinan lain di berbagai kota di Indonesia, Pecinan Bogor juga dekat dengan kawasan Pasar, tepatnya Pasar Bogor. Terletak di Jalan Surya Kencana, yang merupakan bagian dari jalan Raya Pos Daendels. Dahulu, jalan ini bernama Handelstraat atau jalan Perniagaan, yang menandakan fungsinya sebagai sentra ekonomi. Pada masa itu, golongan atas peranakan Tionghoa biasanya tinggal di bagian selatan. Mereka mendirikan rumah yang bergaya campuran Tionghoa - Eropa. Adapun golongan pedagang berkumpul di sekitar Pasar Bogor, dan golongan bawah menghuni ruko-ruko sewa dan rumah-rumah petak di balik ruko.


Saat memasuki kawasan ini, di bagian kiri jalan terdapat klenteng Hok Tek Bio, biasa disebut juga vihara Dhanagun, yang sudah berdiri sejak 1867. Kelenteng ini termasuk klenteng tertua di Bogor. Lebih ke dalam lagi, ada beberapa rumah-rumah tua yang masih dapat kita jumpai. Seperti di jalan Lawang Seketeng dan jalan Kelenteng. Sebagian rumah dalam kondisi terurus dan masih didiami, sebagian lainnya dibiarkan meranggas dimakan usia. Berikut beberapa foto, saat Bogornow menyusurinya.


 (Berita Bogor)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »